Panduan Memilih Raket Badminton yang Sesuai dengan Gaya Bermain

sewa lapangan badminton terdekat

Untuk memainkan olahraga badminton, Anda membutuhkan tempat sewa lapangan badminton terdekat dan sejumlah perlengkapan penting. Beberapa perlengkapan tersebut diantaranya mulai dari shuttlecock, raket badminton, sepatu, dan lain-lain. Perlengkapan yang selalu menjadi sorotan tentunya adalah raket karena bisa mempengaruhi performa para pemain saat di lapangan langsung.

Pemilihan raket untuk olahraga badminton tentunya tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Tidak sedikit orang yang merasa tertipu membeli raket dengan harga mahal, namun ternyata kualitas yang ditawarkan sangat rendah. Lalu bagaimana panduan memilih raket yang berkualitas?

Cara Memilih Raket Berkualitas dan Tahan Lama

Raket bulu tangkis atau badminton tentunya memiliki harga dan merek yang berbeda-beda. Tiap merek raket pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Agar nantinya tidak salah pilih produk, Anda bisa ikuti panduan memilih raket yang tepat sesuai penjelasan berikut ini.

1.  Lakukan Pengecekan Berat Raket

Perlu Anda ketahui bahwa raket yang bagus memiliki bobot yang ringan. Dengan memakai raket yang tepat, para pemain akan terhindar dari cedera seperti terkilir atau dislokasi bahu. Jika raket terasa berat saat digenggam, maka sudah pasti kualitasnya kurang bagus.

2.  Lakukan Pengecekan Kepala Raket

Kepala raket dibagi menjadi 3 jenis yaitu head heavy, head light, dan even balanced. Pada umumnya para atlet lebih menyukai kepala raket even balanced karena terbilang serbaguna untuk mendukung gerakan servis, smash, dan menangkis tembakan lawan.

3.  Pertimbangkan Kelenturan Batang Raket

Dalam memilih raket badminton, Anda perlu memperhatikan tingkat kebutuhannya. Bagi pemain pemula bisa memilih batang raket fleksibel, sedangkan pemain profesional akan lebih baik menggunakan batang raket kaku untuk menghasilkan ayunan yang cepat.

4.  Lakukan Pengecekan Ukuran Pegangan Raket

Anda bisa menyesuaikan ukuran pegangan raket dengan telapak tangan masing-masing mulai dari G1 4 inci, G2 3,75 inci, dan masih banyak lagi. Dengan begitu, pemain badminton akan merasa nyaman saat mengayunkan atau memukul shuttle cock.

5.  Material dan Senar Raket

Pilihlah material raket yang terbuat dari aluminium, baja, dan grafit karena terkenal kuat serta penggunaannya bisa bertahan dalam jangka waktu lama. Sedangkan masalah senar raket bisa menggunakan bahan nilon dan natural gut yang berasal dari hewan.

Raket badminton yang berkualitas umumnya akan dibandrol dengan harga cukup mahal, lalu untuk kualitas raket yang biasa saja harganya pasti lebih murah. Jika Anda menggemari dunia olahraga seperti sepak bola, badminton, dan futsal bisa update informasi tentang sewa lapangan badminton terdekat melalui https://ayo.co.id/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *